Tidur adalah hal yang wajar bagi manusia walaupun itu membuang waktu kita, tapi tidur itu perlu loh kawan! bahkan kita setiap hari wajib tidur walaupun hanya sebentar. Mengapa demikian? Karena anggota tubuh kita penuh kesantaian sama halnya dengan pikiran kita yang pengennya setiap hari FUN mulu! Nah.. kalau tidur itu memang wajib.. terus kalau kita tidak tidur dalam satu hari apa ada dampaknya bagi tubuh kita? Yap! memang kalau hanya sesekali tidak tidur atau tidurnya terlalu malam mungkin itu belum terlihat dampaknya. Tapi... jika terus-terusan di kerjakan tuh yang namanya tidur terlalu malam atau 'TTM' itu mempunyai dampak yang sangat besar di masa yang akan mendatang! mengapa cobaa? karena 'TTM' dapat mengakibatkan:
1. Penyebab kerusakan hati
2. Penyebab penyakit diabetes
3. Penyebab penyakit jantung
4. Dll

Nah.. sudah tahukan apa akibatnya jika tidur terlalu malam? Mulai dari sekarang marilah kita membiasakan diri untuk tidur malam lebih awal karena akan mengurangi resiko penyakit. Ohya! ini nih saya dapet jadwal tubuh kita bekerja menurut dokte di Taiwan.

1. Malam hari pk 21.00 – 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif untuk kesehatan.
2. Malam hari pk 23.00 – dini hari 01.00 : saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
3. Dini hari 01.00 – 03.00 : proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
4. Dini hari 03.00 – 05.00 : de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selam durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
5. Pagi pk 05.00 – 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.
6. Pagi pk 07.00 – 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30.
7. Makan pagi sebelum pk 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, Tidurlah Nyenyak dan Jangan Begadang.

0 Responses so far.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...