Tuesday, April 10, 2012 di 6:15 PM Diposkan oleh Andhikey 0 Comments




“Emm… Yummy..!” itulah kata-kata yang sering kita dengar saat makan junk food. Betapa tidak? Udah enak, cepat saji lagi! Uhhh makin nafsu deh untuk numbuh junk foodnya!
Disekeliling kalian mungkin sudah tidak asing lagi ya makan-makanan yang cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, burger dll. Tapi tahukah anda? Walaupun keuntungan makanan junk food itu cepat saji alias gak nunggu lama.. tapi kalau kita mengkonsumsi junk food secara berlebihan, banyak loh efek sampingnya.



Diantaranya:

  • junk food yang mengandung banyak gula, dapat merusak gigi dan menyebabkan terjadinya kavitas (gigi berlubang). Terlalu sering makan makanan yang banyak gula, membuat kadar insulin dalam tubuh tidak stabil, dan memicu terjadinya penyakit Diabetes Melitus / kencing manis di kemudian hari
  • junk food menyebabkan terjadinya obesitas (kegemukan) karena nilai kalori yang tinggi. Obesitas akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit Diabetes Melitus/ kencing manis, penyakit jantung, pembuluh darah, stroke dan menyebabkan masalah sosial - psikologis.
  • penelitian terbaru menyatakan bahwa junk food dapat meningkatkan kejadian asma pada anak-anak.
  • makan makanan tinggi  lemak (terutama lemak jahat yang terdapat dalam junk food) dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, dan meningkatkan resiko untuk terjadinya aterosklerosis (penyumbatanpembuluh darah oleh plak lemak), penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi, jantung dan kanker di kemudian hari.
  • Terlalu banyak garam dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi di masa yang akan datang
  • Pengawet, pewarna, dapat merusak persarafan, meningkatkan faktor resiko terjadinya kanker, dan juga dapat membuat anak menjadi hiperaktif.
  • Pernyataan berikut masih kontraversial, tapi perlulah untuk  berhati hati : makanan yang mengandung MSG (mono sodium glutamat)/ zat penyedap rasa (biasanya ada dalam junk food), dapat memberikan efek samping : kemerahan pada kulit, sakit kepala, mual-muntah, gejala asma, sesak napas, gangguan mood, migren, serangan panik, jantung berdebar, kejang, atau depresi. Efek jangka panjangnya adalah merusakotak, susunan saraf, retina, sehingga dapat menyebabkan banyakpenyakit di kemudian hari.
  • Sedang dalam penelitian, bahwa zat fosfor yang terdapat dalam minuman bersoda dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal
  • Karena junk food mengandung sedikit nutrisi, maka tubuh akankekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik, dan akan kekurangan antioksidan untuk melawan terjadinya penyakit kanker
  • hormon, antibiotik yang dapat terkandung dalam daging junk food, dapat mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh, sistem reproduksi, bahkan dapat menyebabkan kanker.
Nah.. kalian sudah tahu bukan efek jika kita terlalu sering mengkonsumsi junk food. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik kita mengkonsumsi junk food dengan ditambah sayur-sayuran agar nutrisi kita tercukupi dan tetaplah berolahraga secara teratur.

Oh iya sobat! kalau kalian gak mau jadi begini:



Tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi seperti di bawah ini:
















0 Responses so far.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...