Friday, July 20, 2012 di 10:22 AM Diposkan oleh Andhikey 0 Comments


Artefak yang paling tua yang dikembalikan berasal dari Zaman Perunggu.

Pemerintah Inggris sudah mengembalikan 843 artefak ke Afghanistan, hampir 20 tahun sejak dicuri maupun diselundupkan.

Pesawat Angkatan Udara Inggris menerbangkannya pekan lalu ke pangkalan militer Inggris di Provinsi Helmand dan dari sana sudah dibawa ke Kabul dengan pesawat Hercules.

Perdana Menteri David Cameron -yang sedang dalam lawatan ke Afghanistan- menegaskan bahwa barang berharga itu sudah sampai dengan selamat. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers bersama Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, di Kabul, Kamis 19 Juli.

Benda-benda kuno yang dikembalikan tersebut antara lain adalah Gading Begram -yang dipajang dalam pameran Afghanistan 2011 di British Museum, London- dan patung Budha yang penting.

Keduanya dicuri dari Museum Nasional Afghanistan pada masa perang saudara di negara itu dan kemudian dijual di pasar gelap.

Kerja sama dua lembaga

Kumpulan artefak -yang sudah diidentifikasi oleh para ahli- lebih dulu disimpan untuk sementara di British Museum sebelum diterbangkan ke tempat asalnya.

Beberapa di antara artefak tersebut berhasil diselamatkan oleh orang per orang, termasuk barang ukiran dari Zaman Perunggu dan koin-koin Islam dari Abad Pertengahan.

Direktur British Museum, Neil MacGregor, mengatakan pengumpulan artefak merupakan hasil dari kerja sama antara lembaga kebudayaan kedua negera dengan dukungan pemerintah.

Sebuah Nota Kesepahaman antara British Museum dan Museum Nasional Afghnistan ditandatangani untuk menjamin upaya pemulangan kumpulan artefak Afghanistan itu.

"Saya gembira bahwa artefak-artefak yang penting sudah tiba kembali dengan selamat di Museum Nasional di Kabul," tuturnya kepada kantor berita PA.

Diperkirakan sekitar dua pertiga koleksi Museum Nasional Afghanistan dicuri ketika perang berkecamuk di negara itu.

(bbc/bbc)

0 Responses so far.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...