Sunday, March 6, 2016 di 1:11 PM Diposkan oleh Andhika Kartika Rahayu 0 Comments

Gak kerasa ya, sekarang udah tugas penkom yang ke-4 aja. Sepertinya, untuk beberapa minggu ke depan, blog ini akan di hantui dengan postingan tugas penkom gue deh.. believe it or not, tugas penkom selalu ada di setiap minggunya, dan gue hampir selalu ngerjain tugas penkom ini mepet-mepet deadline gaes. Biasa lah, orang rajin.

Minggu ini, gue akan nge-share gimana cara:
  • Membuat surat masal (mail merge)
  • Membagi halaman menjadi beberapa section
  • Membuat daftar isi secara otomatis
  • Equation Editor
  • Autotext tabel dan thesaurus
  • Mengaktifkan spelling dan grammar
 Intinya, untuk tugas gue minggu ini, gue akan berbagi gimana sih cara buat sistematika makalah atau semacamnya dengan mudah, tanpa harus mengetik manual. Bayangin aja, ketika lo ingin buat daftar isi, dan lo menekan tombol titik yang lama, terus belum lagi lo harus samain atas bawahnya biar simetris. Gak kebayang kan? Yang ada telunjuk lo patah karena kelamaan nekan tombol. Nah, diharapkan setelah baca blog gue, tulisan ini bisa bermanfaat buat kehidupan lo dalam mengerjakan tugas, hehehe.

Menurut google, Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain.

Cara Membuat Surat Masal (Mail Merge)


  1. Buka Ms.Word
  2. Ketik seperti yang ada di gambar atau ketik format surat yang ingin anda buat 
  3. klik menu Mailings
  4. Pilih Start Mail Merge, kemudian klik Step-by-Step Mail Merge Wizard

  5. Setelah muncul box mail merge di sisi kanan Ms.Word, klik letters --> Use the current document --> Type a new list --> Create

  6. Setelah muncul box New Adress List, edit nama kolom dengan klik customize columns
  7. Tambahkan format yang telah anda buat ke dalam kotak dialog tersebu dengan klik add, setelah itu klik ok
  8.  Tulis informasi dalam tabel dengan format yang telah disesuaikan, klik ok
  9.  save data tersebut, pilih ok
  10. Pilih use an existing list pada kolom mail merge yang ada di kanan, klik next
  11. Pilih more items, kemudian insert data hingga muncul seperti gambar di atas
  12. Klik Next: Preview Your Letters, di bagian ini, kalian bisa melihat hasil mail merge nya
  13. Setelah puas melihat preview, klik Next: Complete the merge
  14. Selesai

Cara Membagi Halaman Menjadi Beberapa Section

 Tujuan membagi halaman menjadi beberapa section yaitu agar mempermudah dalam mebuat halaman yang berbeda dalam satu document, sehingga kita tidak perlu membuat banyak document untuk membuat satu makalah atau yang lainnya.


  1. Buka file document yang telah dibuat
  2. Block kata/ kalimat yang ingin dijadikan sebagai awal pada halaman terntentu
  3. klik Page Layout, pilih next page
  4. Hasilnya, kata/kalimat yang telah di block akan otomatis menjadi awal pada halaman tertentu, meskipun di edit berulang kali.
Cara di atas, memudahkan kita jika ingin merevisi makalah, skripsi atau yang lainnya. Hal ini juga berguna untuk membuat nomor halaman yang berbeda pada satu document.


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Kalian pasti tahu kan apa itu daftar isi? Kalau masih ada yang belum tahu apa itu daftar isi, gue kasih penjabaran tentang daftar isi menuru google:
 "Daftar isi adalah bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah halaman per halaman atau tiap bab. Peran sebuah daftar isi sangatlah penting dalam pembuatan makalah. Karena, dengan daftar isi dapat memudahkan pembaca untuk mencari topik utama atau materi apa yang dibahas dalam tiap halaman. Selain itu, dengan adanya daftar isi, sebuah makalah akan terlihat lebih rapih."
Sebelum membuat daftar isi secara otomatias, pastikan judul dan subjudul menggunakan heading. Jika belum, kalian bisa mem-block judul atau subjudul, kemudian pilih heading yang ada di tab home. Seperti yang ada di bawah ini.





Setelah judul dan subjudul di heading, pastikan daftar isi yang telah dibuat di heading juga. Jika telah di heading semua, ikuti langkah di bawah ini.




  1. Block daftar isi yang telah dibuat dan di heading
  2. Klik tab preference
  3. Klik table of contents, pilih model daftar isi yang kalian suka
  4. Selesai



Jika anda ingin meng-update daftar isi, anda bisa klik update table, kemudian pilih deh, mau yang hanya meng-update nomor halaman saja atau  update judul dan subjudul yang telah dibuat. Keuntungan dari update table adalah anda tidak usah mengganti halaman pada daftar isi secara manual melainkan akan di ganti secara otomatis.

Cara Membuat Equation Editor

Equation editor adalah sebuah aplikadi bantu dalam Ms. Word yg fungsinya mmudahkan kita dalam membuat rumus-rumus. Entah rumus fisika, kimia, fisika atau yang lainnya.


  1. Klik tab insert
  2. pilih equation
  3. pilih format yang sesuai dengan rumus yang anda ingin tulis


Cara Membuat Autotext tabel dan thesaurus 

Autotext berfungsi untuk menyisipkan text, jika kita mengetik sesuatu yang diulang-ulang, tidak perlu diketik ulang, gunakan autotext untuk memudahkan.


  1. Block dan copy kata yang ingin dijadikan autotext
  2. Klik tab insert dan pilih Quick parts --> autotext
  3. Ketik keyword yang anda inginkan
  4. Ketik penjelasan pada kolom description
  5. Klik ok

Cara Mengaktifkan Spelling dan Grammar

Pernah gak sih lo pas lagi ngetik di word terus dibawah tulisan yang lo ketik, muncul garis-garis merah? Itu bahaya gak sih?
Nah, pasti lo pernah bertanya-tanya seperti kutipan yang di atas. Sebenarnya garis-garis yang muncul dibawah tulisan merupakan hasil dari pengaktivan spelling and grammar. Kalau misalnya lo risih dengan garis-garis yang ada di bawah tulisan, lo bisa memusnahkan garis-garis itu kok! caranya gampang banget!


Pertama, yang harus dilakukan yaitu klik menu file, klik options. Setelah muncul kotak dialog opstions, lo bisa ngulik sepuasnya tentang spelling and grammar pada bagian display dan proofing.

Misal, jika lo pengen ilangin garis-garis merah yang ada dibawh tulisan, lu bisa uncheck bagian check spelling as you type pada tab proofing.

0 Responses so far.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...